Banner

Pages

Friday 20 September 2013

Painting ... Cobain

Masih bereksperimen dengan Charcoal , kali ini ari coba ngelukis Kurt Cobain. Idenya dateng pas Lukisan Amy Winehousenya jadi, tau tau tuh bayangan Amy ilang dan dateng bayangan Kurt cobain hahahah dan kali ini ari mau Experiment dengan tone yang agak bervariasi. 

Kali ini tetep ngga di scan karena kotor, dan coba tanpa pensil langsung pake charcoal light buat sketsa.

Mulai bereksplorasi sama pensil pensil yang lain, 


Sampe disini berubah pikiran , tadinya mo bikin monochrome dengan tone coklat, tapi ari jadi pengen lukisan ini jadi Natural Tone alias kaya potret, padahal ini gambar contoh nya hitam putih, Agak risky juga  sih kayanya tapi biasanya kalo ide dadakan suka bagus, makanya ari langsung arsir abis tuh mukanya dia pake Sand Tone, dan mulai bermain dengan gradasi gradasi warna coklat. dan hasilnya lumayan bagus dengan tone yang tebal tanpa cape neken kuat kuat kaya pake pensil warna, walau emang arsirannya masih kasar tapi ari bisa bayangin jadinya pas di blend nanti dan dah mulai keliatan idup ni gambar.


Sekarang giliran ngewarnain rambut, karena set yang ari beli monochrome tone jadi ngga ada warna terang jadi di pake lagi warna kulit buat rambutnya. Tehnik memakai warna yang sama pada satu lukisan adalah ketebalan arsirannya yang membuat gradasi seolah memakai warna yang beda. Pertama ari ngerjain Highlightnya terus baru garis alur alur rambutnya pake warna yang lebih gelap, dan hasilnya pun makin tambah idup dan tambah serem ...




Nah kalo dah kaya gini tinggal di kasih background sama di blend ,  mejeng dulu bentar ... wkwkwkwk


Baru deh di kasih Background, kali ini pake  Chunky Willow Charcoal sesuai dengan fungsinya hahahhaha. seneng banget pake Charcoal jenis ini karena kaya ngelepet lepetin areng ke kertas, karena gede jadi cepet rata dan lembut banget kaya lipstick ni areng.... abis itu paling di tebel tebelin dikit biar lebih idup gradasinye.


Done ... Hasilnya lumayan mirip, setengah gambar ini ari bisa ngenalin ....


Full Version nya ... a Tribute for him,  he was a great musician ....



Lukisan Charcoal ari yang kedua, and once again this is beyond my expectation and my imagination, Hasil ini bener bener bikin ari seneng walau ari itungan nye masih amatiran ngelukis pake charcoal, Tone nya yang ari bener bener suka.Walau berkorban cemongan hahaha, tapi kayanya ini lukisan serem, matanye kaya natap, yang lukisan Amy Winehouse malah kata emak ari malah lebih serem katanye mirip Suzanna lagi mendelik, dan emang dulu emak pernah bilang kalo ngelukis jangan mirip mirip banget soalnye serem kaya idup. Tapi Alhamdulillah ngga parno ngerjain ini apa mungkin karena ngerjain nye tengah hari bolong yang terang benderang. Ngelukis yang mirip gini dulu ari pernah di kanvas pake cat minyak lukisan madonna bugil dan sekali lagi emak ari bilang serem dan ga boleh di pajang padahal ngerjain nya berhari hari kalo lukisan cat minyak... Depends what intention we make an art, for me Painting is like an Escapade ... in positive way. Terimakasih dah mau mampir, Semoga bisa menjadi inspirasi.

Media : Buku Gambar Kiky A4, Derwent Charcoal Dark, Derwent Charcoal Medium, Derwent Charcoal Light, Derwent Charcoal Tint Glowing Embers, Derwent Charcoal Tint Sand, Derwent Charcoal Tint Mountain Blue,  Derwent Charcoal Tint Glowing Peat, Derwent Natural Chunky Willow Charcoal,  Derwent Compressed Charcoal Block Dark, Derwent eraser, Cotton Bud, Facial Cotton, Cutter, Photograph by Xperia ZL
Time Approx : 3 Jam 20 Menitan sambil dengerin Icon dan Unplugged album by Nirvana, Nothing but the Beat 2.0 album by david Guetta di iTunes
Salam

Ari

Who Killed Kurt Cobain?


Monday 16 September 2013

Painting ... Winehouse, My first Charcoal !!!

Ide melukis dengan Charcoal adalah pas ari mulai ngerasa pengen lukisannya agak sedikit lebih hitam, karena walau pun pake 8B dengan stroke yang diteken pun agak kurang. Mungkin saat nya upgrade, setelah googling dan tanya sana sini, ari pun mulai melirik Charcoal. Charcoal simple nya adalah areng padat yang menghasilkan tingkat kehitaman yang tajam dan warna yang lebih dalam. Setelah googling memang ternyata butuh skill yang lumayan untuk melukis dengan Charcoal, sempet konsultasi sama kawan dan setelah liat referensi contoh gambar ari katanya ari dah bisa upgrade media ke Charcoal, katanya kuncinya sih di Tehnik Blending, kalo itu dah dapet then you're ready , dan dia meanmbahkan lagi untuk siap siap belepetan yang lebih parah dari pensil, karena logika nya ini areng yg bikin belepetan beleberan kaga karuan kalo ngga rapih.

Hunting charcoal ini juga agak sulit, karena ngga semua toko buku jual pensil Charcoal, karena pensil ini memang khusus untuk peralatan melukis bukan stationery biasa. Awal nya ngincer charocal merk Lyra tapi kata temen tanggung mending cari merk Derwent di jamin baru ngeliatnya aja dah tertarik, dan BENER!!. akhirnya ini Charcoal ketemu juga di Gramedia Plaza Semanggi, Waktu itu sekalian mo nyari CD titipan Mpok. Nah nyampe disono emang adanya Derwent, Pas liat set nya Derwent bener bener eye candy, bikin napsu. Selama ini mungkin ari ngga terlalu explore banyak media karena sudah nyaman dengan yang ada, dulu pake Steadler dan Luna Aquarel tapi kemudian ganti ke Faber Castell karena memang lebih bagus. Ari sampe 2 hari bolak balik untuk beli Charcoal ini karena tadi nya cuma niat beli basic nya aja yaitu pensil, penghapus dan blender. Tapi pas pulang itu set nya muter muter mulu di kepala. Akhirnya besoknya kebetulan mpok dateng mo ngambil CD dan ngajakin beli CD lagi, pas banget emang jodoh. Ari pun ambil set Tinted Charcoal 12 dengan warna gelap  dan Charcoal yang ada areng batang nya. Walau lumayan harga nya tapi ngga pape lah buat belajar.


Sepanjang disana ari dah mikir kira kira siapa ya yang cocok di lukis pake Charcoal, akhirnya nemu ide pas Walkman yang ari nge shuffle lagu Rehab nya Amy Winehouse. Cocok banget ni orang di jadiin Lukisan Charcoal perdana Ari. Langsung terinspirasi Video klip nya  Back to Black yang serem itu hahahha. Sepanjang di Semanggi pun Dengerin 2 albumnya sambil nyoret nyoret ide di kepala.( di imaginasi )... kalo jaman smp atau sma pasti buru2 nyari kertas sama pensil atau pulpen hahahaha.

Pas pulang juga masih nahan karena ari yakin ini butuh waktu agak lama karena ini experimen, dan saat waktu yang tepat ari pun mulai, dah dapet juga contoh nya yang cocok, Peralatan ari kali ini jadi lumayan banyak kali ini uji nyali ngga pake pensil. hehehehe


Kali ini Ari ngga coba pake sketsa kasar, dan ari ngga scan karena pasti scan nya kotor kena serbuk areng. Jadi ari Fokus di Mata, kali ini sketsa awalnya pake Charcoal yang Light untuk garis dasar, Mata dan Alis ari pakai Charcoal Medium.Pas petama kali ngegores beda banget sama pensil yang keras. ini bener bener butuh ketelitian sama konsentrasi. karena pas kita gores juga bakal ada serbuk2 areng yang pada jatohan, nyang kaya gini nih yang bikin jember.

Kali ini ari mulai bereksperimen, dimulai dengan menyampur warna Glowing Embers untuk kulit dan mata.. Kali ini extreem mo langsung coba batang areng gede (chunky Willow Charcoal ) ini buat apaan, karena gede ari mocoba buat arsir rambut, logikanya pasti cepet rata. Pas make nya norak bgt hahah, shock karena ternyata ini lembut banget jatohnya kaya ngebelend hahahaha, emang kata mbaknya yang gede buat back ground biasanya tapi coba ah semua rambutnya di kasih ginian.




Setelah Rata ari mulai mengarsir kulit, kali ini ari nambahin warna Sand warna terang pada kulit supaya ada tone coklat terang, disini ari masih sangat hati hati dalam applying warna terutama daerah kulit karena ari blum tau hasil blending charcoal seperti apa. jadi ari tipis tipis dulu dengan gradasi sederhana berbekal skill pake pensil hahaha. Hasil nya memang lebih tebal dari pensil warna, setelah rata ari mo coba Blend ... ada sih alat bantunya tapi ari lebih suka pake kapas 


Ari coba nggosok rambut dan WOW ... langsung halus menyatu dengan kertas. dan bener kata mba nya areng gede emang cocok buat background. Ternyata tehnik blend charcoal kurang lebih sama cuma ini butuh ketelitian karena kalo bleberan bisa berabe karena warna nya kuat dan ari ngga suka banyak menghapus karena kotor. makanya ari pake cotton bud buat blending daerah2 sempit kaya di mata tehnik main aman hahahaa. bisa di liat bedanya pas ari blend sebelah. doang. 


Setelah di blend semua hasil nya bagus tapi kurang "berani"  tone nya karena emang di sini ari masih hati hati namanya juga experimen hahahaha. Nah di sini ari dah mulai ngerti sistem nya sampe blending (finishing). Akhirnya ari mulai pake yang Dark Charcoal buat rambutnya dan mulai nebelin warna warna yang kurang gradasinya supaya terlihat lebih hidup dan mulai cobain charcoal Dark yang bentuk batang... 2 kali kerjaan .... hiks .... #ngunyahcikichuba



DONE !!!! Selesai dengan Senyuman Kepuasan Batin yang ngga bisa di utarakan dengan kata kata ....
Kedalaman dan Ketebalan warna kaya gini ngga bisa ari dapetin dari pensil warna atau pensil graphite 

Lumayan Mirip lah sekalian Tribute buat Dia .. She was a Great Singer ... 

Sumpah ini Ari sendiri pun Takjub liat hasilnya. Tone nya bener bener dalem. blending nya bagus banget. Walau masih terlihat kasar dan jumlah warna yang di gunakan sedikit dengan tehnik amatir pake Charcoal tapi menurut ari udah puas dengan hasil ini. Hasilnya bener bener melebihi bayangan di kepala karena waktu itu cuma ngebayangin versi pesil cuma lebih gelap. Waktu ngerjain nya pun lumayan lama dan kalo blepetan jgn ditanya deh. sampe ke muka muka pas ngga sadar garuk garuk idung ama pipi. pas jadi saking excited nya ari coba kasih liat emak yang lagi nyiangin toge dan komennnya cuma "abis ngapain mukanye belang belang" *tepok jidat , karena emak gw dah biasa liat gw gambar cewe telanjang lagian ini orang dia kaga kenal juga.

Lukisan ini berkesan sekali karena yah yang pertama pasti berkesan lah. ini bener bener modal nekat ngerjain nya, berbekal baca baca, nanya nanya dan kreatifitas. Maybe It's not much but I enjoyed the Process and I put My best on it, and yet Art is for Express not Impress. Terima kasih sudah mau mampir ke blog ini, mudah mudahan bisa jadi inspirasi, Amin

Media : Buku Gambar Kiky A4, Derwent Charcoal Dark, Derwent Charcoal Medium, Derwent Charcoal Light, Derwent Charcoal Tint Glowing Embers, Derwent Charcoal Tint Sand, Derwent Natural Chunky Willow Charcoal,  Derwent Compressed Charcoal Block Dark, Derwent eraser, Cotton Bud, Facial Cotton, Cutter
Time Approx : 3 Jam 10 Menitan sambil dengerin Frank, Back to Black dan Lioness: Hidden Treasures album by Amy Winehouse di X Arc S
Salam

Ari

 "It was such a sad thing because . . . she was the only singer that really sang what I call the 'right way' because she was a great jazz-pop singer. . . . She was really a great jazz singer. A true jazz singer. And I regret that because that's the 'right way' to sing" - Tony Bennet








Sunday 15 September 2013

Drawing the Human Eye


Female Eye by Faith Te


Here is the first tutorial from Art Studio — a female eye. My method in graphite pencil drawing aims to render subjects as realistically as I can. The following is a step-by-step demonstration of how I draw eyes. While I very much hope that it helps you in drawing realistic eyes, do experiment and develop your own way of drawing. I myself sometimes do not follow some of the steps exactly as I like to experiment and try to find better ways of achieving a specific texture or effect. Before I begin, many thanks to Toni-Marie Hudson for the use of her picture. Toni-Marie does animal paintings in mixed media. Visit her web site to view her extremely realistic paintings.

Step One


The outline on Canson Grain. Since the outline was very light and will likely be smudged off when I start rendering or shading, I have  carefully and lightly retraced the lines with a soft pencil. In this case, a Faber-Castell 0.5 mm 2B mechanical pencil.

 

 

 

 Step Two


Using a soft brush dipped in small amounts of graphite powder, I cover the outline with two or three layers of tone. Any brush can be used as long as it produces a very smooth effect and fills in the tooth of the paper. I try to avoid getting tone on the highlight of the iris. If I do get any graphite there, I tap the area with a clean kneaded eraser.




 

Step Three


Using a smaller version of the brush I used in
the previous step, I begin forming the shapes
of the eye by defining the darker areas..

 

 

 

 

 

Step Four


With a kneaded eraser, I cleaned up the highlights.

 

 

 Step Five


I used a Dong-A 0.5 mm 2B mechanical pencil to draw the darkest areas like the pupil, shadow on the upper part of the iris and the crease of the upper eyelid.




 

Step Six


Concentrating on the iris for now, I use a hard pencil (5H Staedtler) and fairly hard pressure to draw spokes originating from the pupil. This will keep the paper from absorbing a lot of graphite in the next
stage.


Step Seven


Having used a 5H on the previous stage, I can now draw darker shades on the iris using a dark pencil (2B mechanical pencil). The reason why I use 2B is because it spreads more easily. The 5H is also to keep the tones very smooth when darker tones are added.



 

Step Eight


I further worked on the iris erasing and adding graphite as much as needed to create varied tones. Moving on to the white of the eye, it was also covered with a layer of 5H to create a smooth effect. Then I used a 2B mechanical pencil on the shadow areas to form the eyeball.



Step Nine


Here I began working on the skin. Using a 0.5 mm HB mechanical pencil and a light circular motion, I added tones to the upper eyelid and the surrounding skin - starting first on an area which will receive more graphite (in this case, the skin around the crease) and moving towards lighte areas. I used a shop towel and a brush to smoothen out rough spots.





Step Ten


Continued with the lower part of the skin.

 

 

 

 

Step Eleven


Still continuing with the HB mechanical pencil. I’ve now added shadows to the skin. The 5H Staedtler pencil was also used on the thickness of the lower eyelid. 2B mechanical pencil was used for its darker areas.





Step Twelve


To create the wrinkles on the skin, I lightly drew lines with the HB mechanical pencil and then used a kneaded eraser to create fine highlights beside each line. A paper stump and a brush were used to
soften and blend the lines. The same method used on the white of the eye was also used on the tear duct. The HB was used for the eyebrow — starting with the root of each hair and lessening pressure towards the tip.




Step Thirteen


I always try to keep from drawing the eyelashes until the skin underneath is finished. Since the upper eyelashes will be darker than the lower eyelashes or the eyebrow, I used a Dong-A 2B mechanical pencil which is much darker than a Faber-Castell of the same grade. Again, following the direction of growth and starting from the root, lessening pressure as I come to the tip. Reflections of the eyelashes were also drawn on the highlight of the iris.




Step Fourteen


The lower eyelashes were drawn with the Faber-Castell 2B mechanical pencil.

 

 

 Step Fifteen


The final eye. Finishing touches were made and some of the highlights on the lower eyelid were dulled a little. I hope you find these steps and images informative and helpful.








Happy drawing,



Visit Faith Te's Website


Tutorial is copyright of Faith Te